Bantah Sebar Hoax Unggah Video Editan Anies Soal ACT, Abu Janda: Buat Lucu-lucuan

JAKARTA, - Pegiat media sosial Permadi Arya alias Abu Janda membantah dirinya menyebarkan berita bohong atau hoaks karena mengunggah potongan video pidato Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Abu Janda mengatakan bahwa video yang diunggah hanya sekedar untuk hiburan. Apalagi caption dalam video itu, kata dia, sudah ditambah dengan kata 'parodi'.

"Caption jelas ditulis parodi, humor plesetan. Buat lucu-lucuan," ujar Permadi seperti dilansir CNNIndonesia.com, Kamis (7/7/2022).

Ia mengatakan bahwa dirinya tidak ada niatan untuk menyebarkan berita bohong. Ia menyebut tujuan unggahannya itu sudah jelas yakni untuk hiburan.

"Bukan hoaks kalau sudah clear dijelaskan itu parodi," ujarnya.

Diketahui, Abu Janda mengunggah video tidak utuh saat Anies Baswedan sedang berpidato tentang ACT. Dalam video itu, Anies seolah-olah berkata "ACT menciptakan sebuah sistem yakni masyarakat yang kekurangan memberikan kepada yang berpunya."

Dalam unggahannya itu, Abu Janda menambahkan keterangan dengan menulis ACT, Aksi Cuan Terus.

"Pak @aniesbaswedan menjelaskan sistem ACT Aksi Cuan Terus (Parodi) akhirnya jadi jelas setelah dijelaskan pak Anies," tulis Abu Janda.

Sementara dalam video utuh saat Anies Baswedan berpidato, ia menyebut hal yang sebaliknya.

"Karena itu saya menyampaikan apresiasi bahwa ACT langsung bertindak cepat, langsung bertindak tanggap. Menciptakan suatu sistem di mana mereka yang berpunya memberikan kepada mereka yang kekurangan, mereka yang berlebih memberikan kepada mereka yang membutuhkan," ujar Anies dalam video tersebut.



sumber: www.jitunews.com